Posted by : Unknown Kamis, 13 November 2014

Jangan Cukur Jenggotmu

Sangat diherankan pada saat ini banyak dari kaum muslimin yang tidak menyukai dengan jenggot yang lebat, dan mereka cenderung memangkas jenggot mereka karena berbagai alasan-alasan. Seperti merasa tua, faktor pekerjaan, dan lain sebagainya.  Padahal Islam menyuruh untuk memanjangkan jenggot dan juga merupakan seruan dari Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam, beliau bersabda : "Pangkaslah kumis, panjangkanlah jenggot, dan berbedalah dengan majusi (penyembah api)" (HR. Muslim 260).




Hadits Abu Hurairah radhiyallaahu’anhu : Bahwa orang musyrik membiarkan kumis-kumis mereka dan mencukur jenggot-jenggot mereka, maka selisihilah mereka, biarkanlah jenggot dan rapikanlah kumis.” (HR. Bazzaar dengan sanad hasan).

Allah Ta'ala juga berfirman : "Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah, dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya. (QS al Hasyr/59 : 7)

Memanjangkan jenggot juga merupakan suatu fitrah yaitu laki-laki yang berjengot dan tidak boleh mencukur jenggot nya, sesuai dengan hadits Rasulullah di atas. Selain itu fitrah memanjangkan jenggot juga menghindari laknat dari Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam.

Abdullah Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, dari Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam bersabda : Rasulullah Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki (HR. Bukhari, Fathul Bari, 10/332).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa mencukur jenggot merupakan tindakan-tindakan yang menyerupai wanita dan hal ini terancam laknat dari Rasulullah Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam.

Menurut medis jenggot juga terbukti sebagai pelindung amandel dari struk matahari sedangkan mencukurnya bisa membahayakan kulit. Dan tidak kalah penting bahwa jenggot juga menjadi hiasan untuk laki-laki karena lebih ganteng, berwibawa, dan tampan.

Maka untuk kaum muslimin biarkanlah jenggot mu panjang dan juga rapikanlah jenggotmu, karena hal ini merupakan perintah langsung dari Allah Ta'ala dan Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam. Janganlah kalian memotongnya jenggotmu dan malah kalian memanjangkan kumismu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca nya. Simak selengkapnya di video berikut ini.

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Postingan

Kategori

Pemesanan

- Copyright © Selamat Datang -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -